Tuesday, August 7, 2018

Desa Wisata di Tabanan Bali Punya Jalur Trekking Menantang Lewati Terasering Sawah, Berani Coba?


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Desa Wisata yang ada di Tabanan, Bali, kini mulai menyiapkan fasilitas pendukung pariwisata seperti jalur tracking hingga penyiapan akomodasi.

Seperti Desa Belimbing, Pupuan yang saat ini sudah memiliki jalur tracking dengan melintasi sawah dengan kontur terasering termasuk juga untuk objek wisata air terjun.

Menurut data yang berhasil diperoleh, Belimbing memiliki banyak potensi menarik dan eksositk. Seperti sawah terasering yang sudah mendunia.

Sawah yang sempat dijadikan lokasi nyangrai kopi massal ini sudah terkenal ke seluruh dunia dan tidak kalah dengan Jatiluwih ataupun daerah lainnya yang mengandalkan obyek sawah terasering.

Belimbing memiliki lahan pertanian terasering dengan luas 460 hektare dengan dibagi menjadi enam subak diantaranya Subak Mas, Subak Gemuh, Subak Nyanglad, Subak Teben Telabah, Subak Duren Taluh, Subak Suranadi.

Kemudian, Belimbing juga memiliki dua air terjun yang aksesnya sudah dilakukan penataan yakni Singsing Bemben dan Singsing Sade.

Perbekel Desa Belimbing, I Made Adi Suyana mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya pengembangan Desa Belimbing menjadi desa  wisata dan menjadi tujuan kunjungan wisatawan.
Mereka tidak ingin masyarakat hanya jadi penonton  tanpa bisa menikmati hasilnya, sehingga penyiapan sarana dan prasarana pendukung agar wisatawan mau berkunjung bekerja sama dengan semua pihak yang ada di desa.

“Selama ini banyak wisatawan datang berkunjung, namun sebatas lewat begitu saja.  Potensi yang ada belum banyak dilirik selain sawah terasering.  Selain itu, sudah ada kesepakatan di masyarakat untuk tidak menjual lahan mereka ketika ada investor masuk. Masyarakat hanya menyewakan dalam jangka waktu tertentu,” ujarnya.

Adi melanjutan desa yang dibagi menjadi delapan banjar dinas ini mengakui sudah dikunjungi wisatawan sejak 2010 lalu.

Seiring waktu berjalan setiap wisatawan terutama wisatawan lokal pun mempromosikannya lewat media sosial seperti Facebook.

Wisatawan mancanegara juga sudah mulai datang ke sini terutama dari prancis yang senang tracking.

“Wisatawan mancanegara yang paling banyak datang kesini dari Prancis karena mereka menikmati alam terutama melintasi jalur tracking yang melintasi lahan pertanian,” katanya.

Sementara itu, salah satu tokoh desa setempat, I Gusti Nyoman Omardani pun mengakui masih perlu dilakukan penataan terutama infrastruktur.

Selain infrastruktur, bagaimana memilih spot foto dan jalur tracking yang tidak membuat jenuh wisatawan yang datang.

Sehingga, wisatawan yang datang akan puas menikmati Desa Belimbing yang memiliki pemandangan memukau ini.

“Saat ini kami masih melakukan pembenahan sekaligus memperkenalkan desa dan kami mengharapkan dukungan semua pihak,” katanya.

Omardani melanjutkan, Belimbing yang merupakan daerah wisata yang lumayan jauh seharusnya bersinergi dengan desa lainnya.

Sehingga dengan bersinergi tersebut akan lebih memiliki potensi yang menarik.
Dengan potensi yang menarik antara desa satu dengan yang lainnya, wisatawan tidak jenuh datang ke sini.

“Perlu adanya integrasi dengan desa lainnya, untuk mengantisipasi agar wisatawan yang berkunjung tidak jenuh datang jauh jauh ke Pupuan,” imbaunya.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya