Thursday, September 6, 2018

Keunikan Egg Waffel dari Hong Kong dan Waffel Skandinavia yang Cantik

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Sama-sama dibuat dari adonan tepung terigu dan telur, bentuk dan variasi waffel berbeda di tiap negara. Ada yang tipis, berbentuk seperti telur atau bentuk hati.

Waffle awalnya muncul di Brussel, ibu kota Belgia. Pertama kali waffle dikenalkan pada acara Brussels World Fair Expo tahun 1958, lalu mulai populer di Amerika beberapa tahun kemudian.

Kini banyak negara punya kreasi berbeda sesuai dengan budaya setempat. Dilansir TripZilla (06/09) berikut jenis waffle mancanegara yang populer.

Waffle Belgia

Berasal dari negara asalnya, waffle Belgia memiliki banyak jenis yang berbeda. Namun, ciri khas waffle Belgia terletak pada adonannya yang menggunakan yeast butter, sehingga tekstur dan rasanya lebih ringan serta renyah.

Selain waffle Belgia, negara ini memiliki jenis waffle lainnya yang tak kalah populer. Seperti Liege Waffle, yang lebih manis dan tebal. Terakhir, ada Kempen Waffle yang lebih tipis, kecil, dan bentuknya bulat. Biasanya dimakan sebagai camilan.

Pizzelle

Bentuknya tidak mirip seperti tampilan waffle. Tapi waffle yang satu ini berasal dari Italia, dan dibuat dengan campuran adas, air jeruk lemon, hingga bubuk vanilla. Pizzelle lebih sering disebut sebagai 'waffle cookies' karena bentuknya pipih, dan tipis.

Tampilannya juga cantik, karena dicetak di panganggan waffle bermotif bunga. Orang Italia kebanyakan menyantap pizzele dengan taburan gula halus.

Waffle Amerika

Waffle gaya Amerika lebih kecil, dan tipis dibandingkan dengan waffle Belgia. Tidak seperti waffle Belgia yang menggunakan campuran yeast, waffle Amerika menggunakan baking powder agar adonannya mengembang.

Dicampur dengan buah-buahan seperty berry dan cokelat biasanya, mirip seperti adonan pancake Amerika. Disantap ketika sarapan, disajikan dengan butter, sirup maple, bacon, madu, hingga buah. Di beberapa wilayah, waffle terkadang disantap dengan fried chicken atau ikan.

Egg Waffle

Berasal dari Hong Kong, egg waffle berbentuk bulatan kecil seperti telur dan disebut 'gai daan tsai'. Adonannya hampir sama dengan waffle pada umumnya dari telur, gula, tepung terigu, dan susu.

Di Hong Kong, egg waffle menjadi jajanan kaki lima yang paling populer di sana. Paling enak disantap ketika masih hangat,dengan irisan buah strawberry atau cokelat. Waffle ini juga enak dinikmati dengan es krim.

Wafflle Skandinavia

Skandinavia merupakan kota kecil yang diapit Norwegia dan Swedia. Hidangan waffle di negara ini cukup populer, dan sekilas tidak terlihat beda dengan waffle pada negara lainnya.

Tapi uniknya waffle Skandinavia bentuknya menyerupai lambang hati. Lalu disajikan dengan selai strawberry, krim, hingga topping manis lainnya. Kebanyakan topping yang digunakan adalah whipped cream, sour cream, selai, buah berry, gula, es krim, keju, hingga ikan salmon.

Potato Waffle

Populer di negara Inggris dan Irlandia, hidangan waffle yang satu ini cocok bagi penggemar makanan gurih, terutama kentang goreng. Karena potato waffle tidak terbuat dari butter atau susu.

Kentang dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur, garam, dan lada hingga menjadi adonan. Kemudian dipanggang di dalam cetakan waffle hingga matang dan renyah. Potato waffle biasanya disajikan dengan telur mata sapi, bacon dan sosis.

Stroopwafel

Sering disebut sirup waffle, sajian yang satu ini berasal dari kota Gouda di Belanda. Waffle ini dibuat dari adonan kue, lalu di bagian tengahnya diisi oleh sirup manis yang kental. Banyak orang Belanda, yang mengonsumsi ini sebagai cookies.

Tidak hanya di Belanda saja, tapi di popularitas Stroopwafel juga sudah terkenal hingga di Belgia. Kebanyakan dijual dalam bentuk kemasan di berbagai toko di sana.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya