Sunday, September 2, 2018

Sluurp! Hangat Gurih Udon Berkuah Miso Merah Khas Nagoya

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Kota yang terletak antara Tokyo dan Kyoto ini punya kuliner yang unik. Seperti udon dengan rendaman kuah miso merah yang kental dan gurih!

Kota ini sering disebut 'Chukyo' karena letaknya antara Tokyo dan Kyoto, dua kota besar bersejarah di Jepang. Nama nagoya berasal dari kata 'nagoyaka' yang artinya damai.

Selain melihat kuil dan menikmati unagi serta hasil laut Nagoya, udon spesial Nagoya tak boleh dilewatkan. Umumnya udon di Nagoya dibuat segar dan dimasak dengan suhu dan waktu yang tepat sehingga rasanya kenyal renyah. Meminjam kata Italia, seperti 'al dente' pada pasta. Lalu apa istimewa udon di Nagoya ini?

Udon di Nagoya dikenal dengan nama 'miso nikomi udon'. Atau udon dalam rendaman kuah miso. Miso merupakan hasil fermentasi kacang kedelai yang dihaluskan. Miso merupakan salah satu bahan masakan yang khas Jepang dan di tiap wilayah punya jenis miso yang berbeda. Meskipun demikian, miso dapat dibedakan menjadi miso putih atau shiromiso, miso merah atau akamiso dan miso cmapuran keduanya, awasemiso.

Miso merah menjadi ciri khas Nagoya, selain sebagai kuah udon juga dijadikan olesan ayam goreng atau panggang dan unagi panggang. Rasanya gurih pekat dengan aroma mirip tauco yang asam gurih dan tajam.

Namun miso merah di Nagoya sedikit berbeda, dikenal dengan nama haccho miso, yang dibuat hanya dengan kedelai saja tanpa tambahan beras sehingga rasanya lebih gurih pekat.

Jika ingin menikmati miso nikomi udon, Anda bisa mampir ke Nikomi Udon Yammamotoya Honten yang terkenal sebagai tempat terbaik mencicipi udon ini. Menu yang disediakan tidak banyak. Di musim panas mereka menyajikan beberapa menu udon dingin.

Pilihan menunya bervariasi dengan isiannya saja tetapi udon dan kuahnya sama. Sebelum meniknati udon, disajikan acar sayuran dan berupa kubis, lobak dan kyuri atau mentimun yang segar. Disajikan dengan jahe segar yang diparut halus.

Setiap miso nikomi udon disajikan dalam donabe atau mangkuk tanah liat atau hot pot bertutup. Dalam keadaan sangat panas, jika tutup dibuka akan terlihat kuah miso dalam udon yang kecokelatan kental bergolak mendidih.

Aroma gurih misonya tercium kuat. Satu lagi yang jadi ciri khas adalah telur ayam mentah yang dipecahkan di atas udon ini. Saat diaduk kuah miso mendidihnya akan mematangkan telur ini. Putih telurnya akan membuat kuah udon makin gurih kental.

Untuk menyantapnya, harus menunggu beberapa saat hingga kepulan asap kuah mendidihnya hilang. Aduk dengan sumpit, dan agar tak kepanasan, balikkan tutup donabe lalu taruh udon di atasnya. Selain itu udon jadi gampang dimakan.

Ebi tempura atau topping daging bisa direndam kuah misonya hingga lembek atau dimakan terpisah. Miso merah memberi warna cokelat dan rasa gurih yang kuat. Sementara di Tokyo orang menikmati udon dengan kuah shoyu yang bening dan ringan.

Tekstur udon yang dibuat segar terasas kenyal gurih, 'al dente' dan porsinya lumayan mengenyangkan. Kalau masih kurang kenyang, orang Nagoya biasa menyantapnya dengan nasi putih. Kuah udon yang tersisa bisa diaduk dengan nasi putih. Bagian kuning telur setengah matang bisa dinikmati terakhir sehingga tetap tersisa gurih enak di lidah. Itadakimasu!

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya