Monday, July 16, 2018

Oleh Oleh Khas Semarang Lengkap

Mengunjungi suatu kota yang baru tentu tidak lengkap jika belum berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Selain untuk menghibur kerabat yang tak bisa ikut serta, oleh-oleh juga bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan dan disimpan sendiri di rumah.

Saat ini ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa Anda beli dan bawa pulang ke kampung halaman. Kreatifitas warga yang menghasilkan souvenir-souvenir unik pun bisa disimpan untuk mengingatkan akan kota tersebut.

Berbagai jenis cemilan yang hanya dijual di daerah itu dan menjadi ciri khasnya juga wajib untuk dibawa pulang. Begitu pula ketika Anda sedang berkunjung ke Semarang, ibukota Jawa Tengah, entah untuk urusan pekerjaan maupun liburan, sempatkanlah membeli oleh-oleh.

Pusat pertokoan yang menjual oleh-oleh di Semarang pun berada di tempat yang strategis dan memudahkan Anda untuk membelinya.

Ada banyak ragam oleh-oleh khas Semarang yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan ketika sedang berada di sana. Sehingga suasana kota bersejarah ini tetap terasa bahkan hingga saat Anda sudah kembali ke rumah. Di bawah ini akan kami sajikan beberapa pilihan oleh-oleh untuk Anda.

1. Tahu bakso

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Tahu bakso adalah salah satu kudapan favorite warga Semarang dengan rasa gurih dan sangat lezat. Tahu bakso banyak ditemukan di semua sudut Kota Semarang. Namun yang paling terkenal dan selalu laris manis adalah Tahubaxo Ibu Pudji.

Warung ini seakan tidak pernah sepi karena banyak yang membeli tahu baksonya sebagai buah tangan. Untuk dibagikan kepada teman dan kerabat. Oleh-oleh khas Semarang murah ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dan dijamin kehalalan serta kelezatannya.

Tahu bakso rebus bisa bertahan selama 24 jam sedangkan jika diletakkan di freezer makanan ini bisa bertahan hingga tiga hari. Untuk tahu bakso goreng tetap bagus dan layak konsumsi selama dua hari sejak pembelian meskipun diletakkan di suhu ruangan.

Harganya sangat terjangkau, untuk tahubaxo rebus sekotaknya diberi harga 35.000 sedangkan yang goreng hanya 37.000 saja. Di outlet Tahubaxo Ibu Pudji juga tersedia beraneka makanan lain yang bisa Anda santap di tempat.

2. Torakur (Tomat Rasa Kurma)

 BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Saat ini di Semarang tengah hits produk makanan baru yang memiliki cita rasa unik dan mulai banyak diburu. Kudapan yang memiliki rasa manis ini diberi nama torakur, atau tomat rasa kurma.

Jajanan ini dicetuskan oleh Ibu Sri Ngestiwati yang beralamat di Dusun Ampel Gading, Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sekitar tiga hingga empat kwintal tomat diolah di industri rumahan ini setiap bulannya dan meningkat hingga 30% di bulan Ramadhan.

Sebenarnya torakur merupakan manisan dari buah tomat, namun karena rasanya mirip kurma membuat banyak masyarakat yang penasaran ingin mencicipinya.

Dalam satu kemasan torakur dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu berkisar 12.000 rupiah saja. Bahkan karena keunikannya, kudapan ini banyak dipesan hingga ke luar Kota Semarang.

3. Bandeng Presto

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Bandeng presto adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Semarang yang enak dan paling banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan namanya makanan ini memang berbahan dasar ikan bandeng (Chanos chanos) yang dipresto atau diuapkan dengan tekanan tinggi.

Cara pengolahannya adalah dengan meletakkan ikan di panci yang dapat dikunci dengan rapat. Panci tersebut terlebih dahulu sudah diberi air yang kemudian dipanaskan hingga benar-benar mendidih. Uap yang dihasilkan dari air mendidih itulah yang akan memasak ikan bandeng di atasnya.

Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang biasa digunakan untuk melumuri ikan bandeng tersebut adalah bawang putih, kunyit, dan garam.

Setelah dipresto duri-duri yang sangat banyak terdapat dalam ikan bandeng menjadi lunak dan dapat dimakan. Itulah yang membuat bandeng presto menjadi diminati oleh banyak orang.

4. Roti briliant

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Perjalanan pulang yang jauh mungkin membuat Anda membutuhkan oleh-oleh khas Semarang tahan lama yang tetap bisa disantap meski telah berhari-hari. Tidak perlu pusing, saat ini di Semarang telah ada briliaant cake, kue legit khas Semarang yang tahan hingga 60 hari.

Bahkan jajanan ini telah mencatatkan diri di MURI sebagai kue tanpa pengawet yang mampu bertahan sangat lama. Briliant cake ini tetap memiliki rasa yang sama sejak pertama dibeli hingga dua bulan kemudian.

Kue yang memiliki cita rasa khas dan tidak menimbulkan eneg meskipun dimakan berkali-kali ini dijual dengan harga 100.000 an rupiah. Terdapat beberapa varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera Anda, yaitu coklat, keju, kismis, almond, browneo cream, dan browneo coklat.

Untuk mendapatkan kudapan favorit ini Anda bisa mengunjungi outletnya yang tidak jauh dari simpang lima. Toko tersebut sudah buka sejak pagi, yaitu pukul 07.30 dan baru tutup di malam hari pukul 21.00 wib.

5. Kue Mochi

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini memang dikenal berasal dari negeri seberang. Namun ternyata saat ini kue manis ini telah banyak diproduksi.

Kue yang terbuat dari tepung ketan dan berbentuk bulat dengan kacang cincang dan gula di dalamnya. Ternyata sukses menarik minat wisatawan. Rasanya yang kenyal ditambah wijen yang memenuhi permukaan membuat sensasi tersendiri di lidah siapa saja yang mencobanya.

Kue mochi yang paling digemari terletak di Jalan Kentangan Barat nomer 101, Semarang dengan nama brand Moachi Gemini. Kue ini tetap layak dikonsumsi hingga seminggu setelah pembuatan meskipun diolah tanpa menggunakan pengawet.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya