Friday, August 17, 2018

Karena Mirip Salmon, di Cina Ikan Ini Disajikan Sebagai Sashimi

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Sebagian besar sashimi yang tersaji di China, bukanlah berisi potongan ikan salmon. Melainkan potongan ikan rainbow trout.

Sashimi merupakan salah satu sajian khas Jepang yang populer. Sajian ini berisi potongan ikan mentah segar yang umum dilahap bersama wasabi dan shoyu. Yang jadi favort ialah potongan daging ikan salmon. Daging ikannya yang lembut dan tak terlalu amis memang pas dimakan dalam keadaan mentah.

Tak heran kalau sashimi populer di mancanegara. Salah satunya di China. Sayangnya, potongan daging ikan berwarna oranye bergaris putih di sana bukanlah potongan daging ikan salmon. Melainkan potongan daging ikan rainbow trout.

Ikan trout sendiri masih satu keluarga dengan ikan salmon. Hanya saja ikan salmon hidup di perairan air tawar lalu bermigrasi ke laut. Karenanya mudah ditemui di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Sedangkan ikan trout, terlebih ikan rainbow trout hidup di air tawar. Jenis ikan itu menetap di satu habitat.

Ikan salmon sendiri masuk dalam jenis ikan yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Ikan salmon memiliki dua jenis asam lemak omega-3. Keduanya bisa meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja otak. Sama seperti ikan salmon, ikan trout juga tawarkan asam lemak omega-3. Hanya saja, karena jenis ikan tersebut menetap di sungai atau pun danau, ikan trout kadang mengandung banyak merkuri maupun limbah berbahaya.

Dengan adanya persamanan itu, pemerintah China mengizinkan ikan rainbow trout diberi label 'ikan salmon' akhir pekan lalu. Sehingga jika Anda melahap sashimi di China, potongan daging ikan tersebut bisa saja daging ikan rainbow trout.

Semua berawal dari berita yang ditampilkan di sebuah stasiun tv Cina awal tahun lalu. Sang pembawa acara memberitakan budidaya ikan salmon air tawar di dataran tinggi Tibet. Melihat bentuk serta habitat ikan tersebut, banyak warga yang menyadari kalau ikan tersebut bukanlah ikan salmon. Setelah diterlusuri, ikan itu merupakan ikan rainbow trout.

Dilansir dari Nextshark (17/8), para ahli menyebut walau kedua jenis ikan itu berkaitan, namun ikan salmon dan rainbow trout merupakan spesies yang berbeda.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya