Saturday, August 25, 2018

Nggak Mungkin Bosan Menikmati Piaynemo di Raja Ampat

 BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Kalau liburan ke Raja Ampat ada satu pulau wajib dikunjungi yaitu Piaynemo. Traveler akan disajikan pemandangan indah gugusan pulau karst yang asri.

Raja Ampat terkenal atas gugusan pulau karstnya dan satu tempat yang cocok untuk menikmati hal tersebut ada di Piaynemo. Lokasinya sekitar dua jam perjalanan dengan speedboat dari pelabuhan Kota Waisai.

Sepanjang perjalanan traveler bisa melihat hutan bakau dan pulau-pulau lainnya yang ada di Raja Ampat. Kalau beruntung dan cuaca sedang bagus terkadang lumba-lumba juga bisa terlihat.

Setibanya di dek pulau Piaynemo wisatawan akan disambut oleh toko-toko pedagang lokal yang menjual berbagai macam hal mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan. Saat detikTravel berkunjung pada Kamis (23/8) bahkan ada yang menjual ketam kenari (Birgus latro), spesies ketam darat terbesar di dunia.

Dari dek traveler harus menanjak lagi menaiki tangga kayu menjelajah hutan tropis untuk bisa sampai ke puncak. Menariknya tangga di Piaynemo dibuat sedemikian rupa sehingga pohon-pohon hutan bisa tumbuh di sekelilingnya tanpa terganggu.

Kalau capai, di tengah jalan tersedia pos-pos untuk beristirahat. Keasrian hutan di Piaynemo sangat dijaga sehingga sepanjang jalan pun banyak himbauan agar turis untuk tidak merusaknya.

Salah satu contohnya adalah tanda 'Sasi Siri' ini. Sasi adalah sebuah adat khusus di Papua yang berarti larangan untuk mengambil atau merusak sumber daya tertentu, dalam hal ini tumbuhan sirih. Bila dilanggar maka yang bersangkutan harus membayar dendanya.

Setelah sekitar 150-200 meter menaiki tangga, traveler akan sampai di atas pulau Piaynemo dan disuguhkan dengan pemandangan alam istimewa. Gugusan pulau karst berwarna putih kontras dengan warna air yang biru bergradasi hijau.

Disediakan juga dek khusus untuk melihat pemandangan dan berfoto-foto. Namun harap sabar dan mengantre bila sedang ramai karena dek yang terbuat dari kayu tidak bisa menampung beban berlebih.

Tidak hanya pemandangan laut, traveler juga bisa menikmati pesona hutan tropis Piaynemo dari titik tertinggi ini.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya