Saturday, October 27, 2018

Di Sinikah Air Paling Murni Sedunia?

BandarQ Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Berada di Amerika Latin, nama Chile mungkin masih kurang familiar. Ada banyak destinasi menarik di sana, seperti tempatnya air paling murnia sedunia.

Chile merupakan salah satu negara di Amerika Latin. Chile menawarkan wisata alam dan budaya yang komplit, seperti gurun tandus, Pulau Paskah dengan patung-patung besar yang jadi misteri, hingga deretan taman nasional. Ada satu destinasi yang menarik untuk dibahas, yakni Puerto Williams.

Puerto Williams adalah nama kota yang berada di ujung selatan Chile dan masuk dalam wilayah Kepulauan Navarino. Bahkan, Puerto Williams masuk dalam daftar kota-kota paling selatan di Bumi.

Dihuni oleh sekitar 2.000 orang, Puerto Williams sudah dihuni sejak tahun 1500-an. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan dan berternak. Banyak sungai di sana yang bersih dan para peneliti bilang, Puerto Williams adalah tempat air paling murni sedunia.

Tahun 2015, para peniliti dari AS dan Chile melakukan penelitian di Puerto Williams. Mereka berasal dari University of North Texas, University of Magallanes dan University of Chile yang meneliti sifat kimia air tawar di sungai dan laguna.

Sampel air dikumpulkan dari Sungai Ukika, Sungai Bronzes, Sungai Bass dan Laguna Los Guanacos. Melalui proses yang panjang dan standar yang ketat, disimpulkanlah bahwa Puerto Williams di Chile ini adalah tempat air paling murni sedunia.

"Hasil kami menegaskan bahwa perairan di sini bersih, terbersih yang ada di planet ini. Bahkan instrumen yang kami gunakan untuk mempelajari sampel dapat mendeteksi senyawa kimia dalam air hingga dua bagian per juta, dan di sini, kami tidak mendeteksi apa pun," kata Dr Guido F Verbec dari University of North Texas.

Diketahui, penduduk Puerto Williams juga turut menjaga kelestarian alam. Mereka sadar kalau tempat tinggalnya cukup terpencil, maka mereka tidak mau merusak alamnya. Khususnya air, sebagai sumber kehidupan mereka.

Asal tahu saja, Puerto Williams berjarak sekitar 3.551 km dari Santiago, ibukota negara Chile. Dari Santiago kalau mau ke Puerto Williams, harus naik pesawat sekitar 3 jam ke Punta Arenas. Lalu lanjut naik boat sekitar 2 jam.

Para peneliti juga menilai, kebanyakan tempat yang memiliki air paling murni berada di bagian utara dan selatan Bumi. Kalau di bagian Bumi bagian utara, tempatnya di Nunavut, Kanada.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya