Monday, October 15, 2018

Wakatobi, Petualangan yang Tidak Terlupakan

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ -  Wakatobi, siapa sangka ada jutaan keindahan di pantai dan bawah lautnya. Pengalaman menjelajahi laut dan pantai Wakatobi juga tidak akan pernah dilupakan.

Berkesempatan untuk mengunjungi Wakatobi dan menjelajahi wilayah lautnya yang memiliki potensi teratas dalam konservasi laut Indonesia merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Wakatobi adalah gugusan 4 kepulauan yaitu: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko yang menjadi satu kabupaten hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Letaknya ada di ujung kanan atau sebelah tenggara Pulau sulawesi.

Menuju ke Wakatobi, saya menggunakan pesawat lanjutan yang berangkat dari Makssar ke Wangi-wangi. Perjalanan dari Jakarta kurang lebih 5 jam dengan adanya perbedaan waktu.

Hari Pertama

Disambut dengan matahari pagi dari Makassar sudah sangat senang. Lalu akhirnya, sampailah kita ke Bandara Matahora yang menjadi bandara satu-satunya di gugusan Wakatobi. Wangi-wangi adalah gerbang pertama untuk mengantarkan kita ke surga bawah laut dan keindahan laut memukau milik Wakatobi.

Sepertinya, waktu masih dirasa cukup untuk menemukan keindahan penghujung hari di Wakatobi ini. Kita langsung menuju ke tempat menikmati sunset yang indah yaitu di Pantai Sombu. Pantai ini biasanya bisa dijadikan spot snorkeling bebas. Kalian cukup bawa alat snorkeling saja habis itu nanti di penghujung hari, bisa menikmati kecantikan matahari terbenam di pulau seberang.

Hari Kedua

Dengan jadwal yang sudah disusun, pagi ini kita memutuskan untuk menikmati surga bawah laut milik Wakatobi yang diusung-usung menjadi spot diving teratas karena memiliki biota laut dan juga terumbu karang yang indah. Kali ini spot diving yang saya jejaki adalah Colosseum.

Wah, namanya kok mirip kayak bangunan tempat gladiator di Roma yaah. Nggak kok, ini adalah spot diving bukan perang lho. Malah di sini kamu akan bahagia banget lihat terumbu karang cantik serta ikan yang menyapa di bawah airnya. Oh iya, ini merupakan pengalaman pertama saya melakukan Scuba Diving.

Agak sulit untuk mencobanya, namun lambat laun saya mulai beradaptasi menggunakan alat bantu diving ini. Benar-benar pengalaman tidak akan terlupakan. Setelah diving dirasa cukup, padahal pengennya lebih lama lagi, kita lanjut untuk snorkeling di sini.

Snorkeling di sini juga nggak ada yang mengalahkan deh. Dengan jarak terumbu karang kurang dari 2 meter, kita bisa melihat jelas semua bawah laut. Memang surga bawah lautnya Wakatobi top!

Lelah snorkeling, sambil menyantap makan siang menuju sore, kita berhenti di salah satu pantai di pulau seberang. Pantai ini rasanya seperti pantai miliki kita sendiri, karena nggak ada orang di sana.

Bermain di pantai, bermain pasir dan membuat istana pasir wajib jadi pilihan untuk menghabiskan waktu. Karena pantai di sepanjang pulau-pulau yang ada di Wakatobi ini memiliki pasir putih halus dan juga kontur pantai yang indah. Jadi harus banget juga mampir ke pantai kalau berkunjung ke Wakatobi!

Hari ketiga

Hari ini tidak kalah spesial, karena hari ini kita akan bertemu dengan lumba-lumba. Nah tapi kita harus berangkat lebih pagi. Berangkat pukul 06.00 pagi, dan melakukan perjalanan 2 jam untuk menemui lumba-lumba yang ada di daerah Kapota.

Lumba-lumba menari bersama gerombolan, berenang dari satu tempat ke tempat yang lain. Dan istimewanya, ada lumba-lumba yang meloncat keluar air dan tertangkap kamera. Langsung saja saya berteriak kegirangan .

Setelah melihat lumba-lumba, kita sempat mampir dekat wilayah Pantai Cemara. Pantai ini juga tidak kalau cantiknya karena memiliki terumbu karang yang indah, walaupun tidak berjarak jauh dari bibir pantai .

Seperti biasa snorkeling menjadi pilihan yang utama untuk melihat keindahan bawah lautnya. Tapi jika kalian melihat kontur wilayah laut milik Wakatobi dari atas kalian akan melihat gugusan karang indah milik Wakatobi berjarak sangat dekat dengan bibir pantainya .

Jadi kalian tidak aakan pernah habis ide untuk bermain pantai, dan juga bersenang-senang menikmati laut yang ada di Wakatobi. Semuanya juara banget dan tidak akan terlupa!

Tuntas sudah perjalananku bermain di pantai dan lautnya milik Wakatobi. Walaupun perjalanan ini, aku baru saja berkunjung ke Pulau Wangi-wangi. Di kesempatan lainnya, saya pasti akan mengunjungi pulau lainnya yaitu Tomia, Kaledupa, Hoga dll yang diusung-usung juga punya kecantikan bawah laut dan pantai yang terbaik dan juara banget.

Kecintaanku pada laut tidak akan berhenti sampai di sini, karena laut mengajarkanku tentang banyak hal! Gelombang, ombak, sapaan terumbu karang dan keindahan ikan-ikan di dalamnya memiliki makna tersendiri untuk aku selalu mensyukuri tiap aspek kehidupan.