Tuesday, December 4, 2018

Getuk hingga Lupis, Sarapan Enak yang Indonesia Banget

Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya
SATUQQ-Selain ragam nasi gurih, orang Indonesia juga gemar menyantap kue tradisional sebagai menu sarapan. Mulai getuk, cenil hingga lupis biasa jadi santapan enak.

Khususnya di Jawa, ada menu sarapan tradisional yang hingga kini masih populer. Menu sarapan ini terdiri dari kue-kue manis dan gurih yang mudah ditemui di pasar tradisional. Apa saja ya menu sarapan tradisional ini?

Baca juga : Legit Mantap Gethuk, Sawut dan Tiwul Buatan Teh Ninih

1. Getuk POKER
Di beberapa daerah Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo, getuk masih jadi primadona sebagai menu sarapan. Getuk terbuat dari singkong yang dikukus lalu dihaluskan.

Biasanya getuk dibuat dengan tambahan gula dan pewarna makanan agar tampilannya menarik. Saat disajikan, getuk ditaburi kelapa parut yang sudah dikukus.

Getuk punya tekstur yang lembut dan rasa yang manis legit. Saking banyaknya penggemar getuk, kudapan ini juga biasa hadir pada jamuan modern dengan tampilan yang lebih menarik.

Di Purwokerto ada getuk goreng yang berbeda dengan getuk biasa. Getuk ini dibuat bulat kecil dan digoreng. Biasanya getuk goreng dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

2. Cenil CAPSA SUSUN



Kue yang ini juga biasa dijadikan campuran getuk. Cenil atau cetil terbuat dari adonan pati singkong yang dibentuk bulat aau kotak kecil. Cenil biasa diberi pewarna sebelum direbus hingga matang.

Cenil biasa disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir. Beberapa penjual juga menyajikan cenil dengan guyuran saus gula merah.

3. Lupis ADU Q


Lupis terkenal di Jawa sebagai makanan sarapan sekaligus camilan manis. Lupis terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan bungkusan daun pandan.

Secara tradisional, lupis memiliki bentuk segitiga namun sekarang lupis banyak dibuat silinder memanjang. Lupis ketan punya tekstur yang padat dan agak lengket.

Biasa disajikan dengan kelapa parut dan saus gula merah. Sebagai menu sarapan, lupis ini paling pas disandingkan dengan segelas teh hangat.

4. KleponDOMINO 99
Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya
Klepon dikenal sebagai jajanan pasar favorit banyak orang. Bentuknya bulat-bulat dengan bagian permukaannya dibalur kelapa parut.

Bahan utama untuk membuat klepon adalah tepung beras ketan. Adonan ini biasa ditambahkan air daun suji untuk membuat warnanya hijau.

Klepon diisi dengan gula merah yang akan meleleh saat direbus. Klepon juga biasa disajikan dengan alas daun pisang.


5. Ongol-ongolAgen Domino QQ Terpercaya
Bandar Q Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya
Kudapan manis bernama ongol-ongol ini juga biasa jadi racikan campura getuk sebagai menu sarapan. Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu aren yang dicampur dengan air dan gula merah.

Saat disajikan, ongol-ongol dibalur dengan kelapaa parut. Tekstur ongol-ongol ini kenyal dan rasanya manis khas gula jawa.