Tuesday, August 28, 2018

Dari Mana Asal Ayam Goreng yang Gurih Renyah?

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Nyaris tak ada yang bisa menolak gurihnya ayam goreng. Renyah gurih di bagian luar dengan empuk juicy di bagian dalam. Siapa yang memperkenalkan ayam goreng ini?

Dari sekian banyak sajian berbahan dasar ayam, ayam goreng jadi primadona. Tak hanya murah dan mudah ditemui, ayam goreng juga punya kelezatan yang khas. Apalagi kalau dibalut tepung dan digoreng garing.

Ayam goreng berbalut tepung yang kini populer dengan nama 'Fried Chicken' ternyata bukanlah berasal dari Amerika. Melainkan dari Afrika. Konon imigran asal Skotlandia yang membawa resep tersebut ke Amerika. Berawal dari warga Eropa yang menetap di Amerika bagian selatan dan sering mengonsumsi olahan ayam ini.

Tak lama setelahnya, banyak warga Afrika dipekerjakan di Amerika sebagai juru masak. Imigran Afrika inilah yang mengadaptasi resep ayam yang dibawa pendatang asal Skotlandia. Mereka menambahkan sentuhan baru yaitu tambahan bumbu dan perasa lain yang tidak ditemukan dalam menu asal benua Eropa.

Selain fried chicken, sajian ayam goreng tradisional berbumbu minimalis juga tak kalah lezat. Umumnya ayam dibaluri bumbu kuning dan diungkep kemudian digoreng. Bumbunya yang gurih membuat ayam goreng cocok dimakan bersama sambal dan lalapan. Apalagi dipadu dengan nasi hangat.

Kini kreasi ayam goreng sudah beragam. Mulai dari bercitarasa gurih manis hingga pedas nonjok. Seperti ayam goreng bacem khas Jogja, ayam serundeng khas Minang hingga ayam tangkap khas Aceh.

Namun dari sekian banyak sajian ayam goreng tradisional, ayam penyet dan kreasi ayam geprek khas Surabaya jadi favorit. Ayam penyet merupakan ayam goreng yang digeprek atau dipenyet alias ditekan hingga pipih di atas sambal.

Sedangkan ayam geprek menawarkan citarasa berbeda. Walau cara penyajiannya sama dengan ayam penyet, ayam geprek memakai ayam goreng tepung. Kemudian dipadu dengan sambal korek yang pedas nonjok.

Namun ragam kreasi ayam goreng tak hanya ada di Indonesia dan Amerika. Melainkan diberbagai negara Asia lain seperti Korea Selatan dan Jepang. Ini karena ayam merupakan salah satu unggas yang mudah dikembangbiakan. Dagingnya pun lezat dikonsumsi.

Ragam kreasi ayam goreng dari dua negara itu juga digemari sini. Tentunya dengan cara pengolahan berbeda. Namun tetap memiliki citarasa yang gurih dan juicy.

Bahkan beberapa kreasi justru menjadikan ayam goreng sebagai camilan. Sehingga bentuknya dibuat lebih kecil. Mau dimakan dengan nasi ataupun dijadikan camilan, ayam goreng selalu bisa puaskan selera makan.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya