Friday, August 31, 2018

Petani Purworejo Syukuran Panen Kopi dengan Gelar Kenduri Kopi

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

SATUQQ - Kenduri Kopi digelar oleh petani di Purworejo atas panen kopi melimpah. Sekaligus menyemangati petani agar terus menanam kopi.

Ritual dilaksanakan di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing pada Rabu (29/8/2018). Ketua kelompok tani Wira Tani Mandiri, Sugiharto (42) menuturkan bahwa berbagai acara pun dikemas dalam gelaran tersebut. Mulai dari doa, penanaman bibit kopi, memandikan kambing etawa dengan air kembang setaman. Kambing etawa merupakan kambing khas Kaligesing. Juga dilakukan prosesi pembuatan kopi yang nikmat.

"Ini adalah ritual kenduri kopi sebagai wujud syukur atas limpahan panen kopi sekaligus untuk memotivasi para petani untuk terus melestarikan tanaman kopi agar bisa dinikmati juga oleh anak cucu nanti," ucap pria yang akrab dipanggil Totok.

Sebelum ditanam, bibit kopi dirangkai dengan uborampe lainnya dalam sebuah tempat dari janur kuning yang disebut eblek .Kemudian diberi doa oleh sesepuh. Janur sendiri memiliki makna memohon cahaya atau pencerahan. Beberapa tumpeng pun ikut bersanding untuk melengkapi sajian ritual.

"Tadi ada memandikan kambing etawa dulu sebagai lambang bahwa etawa juga penopang tanaman kopi karena kotorannya dijadikan pupuk, jadi kopinya organik. Kulit kopinya sebagai makanan kambing jadi saling menguntungkan. Ada tumpeng robyong simbul kesuburan, tumpeng tapak mendo simbol kemakmuran ternak, tumpeng alusan untuk keselamatan ternak dan petani, dan tumpeng rosul sebagai rasa syukur secara keseluruhan," imbuhnya.

Kaligesing sendiri merupakan salah satu sentra tanaman kopi jenis robusta dan arabica di Purworejo. Dengan harga Rp 150 ribu per kg kopi robusta dan Rp 280 ribu per kg kopi arabica, hasil panen selama ini selain dipasarkan di dalam kota juga dijual ke luar kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung hingga Bali.

Sementara itu, Hantoro Wibowo (40) salah satu pecinta minuman kopi yang ikut hadir dalam acara tersebut mengaku bahwa kopi seplawan dari Kaligesing tersebut tidak kalah nikmat dengan kopi daerah lainnya. Beberapa cangkir kopi pun ia nikmati, dari seduhan kopi murni hingga kopi shake plus creamer.

"Sudah saya cicipi enak semua, nggak kalah dengan daerah lain seperti Jogja, Kebumen, Semarang, Pati dan lainnya," tutur Hantoro.

BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya